Wednesday, January 13, 2016

Perlunya Menjaga Tempo saat Beatbox

jaga tempo

Apa hal yang harus diperhatikan di dalam Beatbox?

Hal yang harus diperhatikan di dalam Beatbox adalah tempo

Untuk sobat yang baru mengenal atau mempelajari Beatbox, pasti sobat kesulitan kan saat mengatur tempo tersebut? Biasanya Beatboxer yang belum mengenal tempo sering nge-Beatbox asal-asalan sehingga Beatnya itu tidak teratur. Hal itu sama seperti pengalaman saya saat baru belajar Beatbox. 

Satu Beat itu kadang-kadang pelan dan kadang-kadang cepat. Untung saja saya mengetahuinya cara menjaga tempo Beatbox yang disampaikan guru Beatbox saya di komunitas saya.

Dan saat pertama kali battle pun sama saja. Beat yang saya keluarkan tidak beraturan dan sering berhenti sejenak di tengah-tengah. 

Tempo adalah ukuran kecepatan dalam birama lagu. Ukuran kecepatan bisa diukur dengan alat bernama metronome dan alat bernama keyboard. Di dalam keyboard terdapat digital metronome yang bisa berfungsi sebagai pengukur kecepatan dalam birama, misalnya 3/4 atau 4/4 .” 
Source: Wikipedia

Tempo juga mempunyai ukuran tertentu yang disebut BPM (Beat Per Minute)

Metronome adalah alat bantu untuk memastikan ketukan dalam suatu irama. Kecepatan tempo dalam metronome juga bisa diatur. Kalau sobat tidak memiliki alatnya, mungkin solusi sederhananya sobat bisa mengikuti ketukan pada jam dinding 

Ada dua tips yang akan saya berikan kepada sobat untuk mempelajari tempo.

metronome

• Ikuti Metronome

Beberapa dari sobat Beatboxer yang belum mengenal Metronome pasti akan sedikit terasa susah. 

Kali ini saya akan memberikan tips untuk belajar menggunakan Metronome.

Caranya seperti ini. Buat metronome serta sesuaikan temponya, lalu jangan langsung Beatbox tetapi dengarkan terlebih dahulu sampai suara dan tempo tersebut jelas di mata sobat.

Lalu suarakan B (Kick Drum), jika sudah sesuai dengan metronome, suarakan T (hi-hat) sesuaikan juga dengan metronome, dan terakhir keluarkan K (Snare)

Kalau telah tersusun menjadi beat B T K, sobat bisa memasukan efek yang lainya tetapi temponya juga harus diperhatikan. Ulangi terus langkah-langkah diatas, 

Selain ketukan Metronome, ada cara lain yang sering saya lakukan. Yaitu dengan cara ketukan atau tepukan tangan. Caranya sobat bisa melakukanya sendiri atau melakukanya bersama teman. 

Misalnya teman sobat yang menepukan tangan sesuai tempo. Lalu sobat nge-Beat mengikuti tempo tersebut. Sederhana kan?

• Menjadi instrument dalam suatu lagu

Cara ini lebih mudah dan sering saya lakukan.

Sobat putar lagu yang ada dimanapun, lalu dengarkan sesaat lagu tersebut sampai sobat menghayatinya. Lalu sobat keluarkan Beatbox dan sesuaikan tempo sobat dengan lagu tersebut. Bayangkan kalo sobat seakan akan menjadi pengiring lagu tersebut.

Beat yang sobat bunyikan akan sendirinya mengikuti tempo selama sobat menikmati lagu tersebut.

Cara ini juga berguna untuk melatih sobat dalam mengcover lagu. Jika sudah terbiasa melakukan cara ini, maka sobat akan mudah ketika mengcover lagu.

Sekarang saya akan memberikan tips menjaga tempo saat nge-Beatbox. Kalau yang tadi kan belajarnya. Dan sekarang saya akan memberikan tipsnya untuk menjaga tempo.

tangan


• Gerakan tangan sobat

Gerakan tangan ini sering disebut gila bagi yang tidak mengetahui Beatbox. Padahal gerakan tangan ini sangat penting saat sobat menjaga tempo.
Caranya, gerakan tangan sobat, sesuka sobat mau gerakan apa saja. Dan pastikan sesuai dengan tempo beat sobat. Jangan sampai gerakan tangan dengan beat sobat tidak beraturan.

Kalau sobat sudah biasa menggerakan tangan sesuai keinginan sobat, maka dengan sendirinya sobat akan terbiasa untuk menggerakan tangan saat mengeluarkan beat dengan tidak sengaja.

• Berikan perantara saat berpindah tempo

Biasanya ini hal yang sulit bagi yang belum mengetahuinya.

Caranya, kalau sobat mengeluarkan beat dengan tempo cepat lalu akan berpindah kepada beat yang temponya lambat. Kalau sobat langsung berpindah tanpa perantara, maka beat sobat tidak akan beraturan dan tidak enak didengar. Solusinya, sobat berikan perantara atau jembatan berupa beat yang pendek. Selama perantara itu teratur.


Kesimpulan..

Jadi menjaga tempo dalam beatbox itu penting. Karena tanpa tempo beat tidak akan enak didengar dan tidak beraturan. Bagaimana pendapat sobat setelah membaca artikel ini. Silakan tulis pendapat di bagian komentar.

Oke sobat.
Mungkin hanya segitu yang saya sampaikan di artikel “Pentingnya menjaga tempo bagi Beatboxer”. Bagaimana tanggapan sobat melalui tips yang saya berikan? Silahkan tulis di komentar. Mohon maaf kalau ada sepenggal kalimat yang tidak dimengerti. Kunjungi terus blog ini dan dapatkan info Beatbox menarik setiap harinya di blog ini.

Jangan lupa masukan email sobat dan klik tombol subscribe di pojok kanan atas. Ini berguna untuk sobat yang ingin mengetahui artikel terbaru yang saya post. Dan akan terkirim melalui email sobat.

Kalau sobat ingin menyampaikan sesuatu baik itu pesan atau kritikan bisa mengirimkanya melalui email saya ikmalseptiana29@gmail.com 
Rekomendasi Untuk Anda × +
Powered by Blogger.