Wednesday, February 3, 2016

Lakukan Tahap ini Saat Kesulitan Membuat Pattern

sulit

Membuat pattern memanglah sulit untuk seorang Beatboxer yang belum terbiasa membuatnya. Tetapi kalau sudah terbiasa dalam membuatnya, akan menjadi lebih mudah.
Terkadang kalau kita kehabisan pattern dan kita kesulitan lagi untuk membuatnya, kita kadang akan merasa putus asa.

Saya membuat artikel ini karena ini yang saya renungkan sekarang. Karena saat saya memulai membuat blog ini, kemampuan Beatbox saya menjadi menurun karena jarang membuat pattern sehingga saya merasa putus asa.

Tetapi saya sudah menemukan tahapan untuk membuat sebuah pattern dari hasil renungan saya. Inilah tahapanya.


time
sumber: www.wordstream.com

1. Jadwalkan

Kalau sobat adalah Beatboxer yang sibuk dan paruh waktu, sehingga tidak ada waktu untuk Beatbox, maka sobat harus pintar mengatur waktu tersebut secara produktivitas.

Alasan membuat jadwal saat membuat pattern adalah supaya saat sobat melakukanya di waktu tersebut, sobat bisa memfokuskan diri untuk membuat pattern.

Yang terpenting adalah hilangkan terlebih dahulu pikiran untuk melakukan aktivitas lain.

Biasanya waktu yang produktivitas untuk membuat pattern adalah dalam jangka waktu sehari sekali. Mau itu di pagi hari, siang hari, sore hari, maupun malam hari. Dan jangan lupa untuk memprioritaskan waktu tersebut dengan keadaan sobat saat itu.

Biasanya saya menghabiskan waktu untuk membuat pattern dalam waktu satu jam dalam sehari.

Artikel lainya: Tutorial Lip Bass

2. Video Beatbox

Sediakan terlebih dahulu atau tonton terlebih dahulu video Beatbox saat akan membuat pattern. 

Biasanya kalau sobat adalah Beatboxer pemula, saya sarankan untuk sering menonton video Beatbox supaya mempunyai inovasi baru tentang Beatbox.

Hal ini bukan berarti meniru, tetapi hal ini dibutuhkan kalau kita sedang dalam kesulitan membuat pattern atau tidak ada lagi ide untuk membuat pattern.

Video yang bisa diambil biasanya dari video Youtube. Kalau dari Indonesia, sobat bisa membuka chanel Youtube Beatboxnesia dan kalau dari luar negeri, sobat bisa membuka chanel Youtube Swissbeatbox.

3. Ambilah terlebih dahulu satu pattern dari video Beatbox

Supaya sobat tidak merasa kesulitan, maka sobat mesti harus mengambil dan mendengarkan satu pattern terlebih dahulu supaya pikiran sobat bisa terfokus kepada salah satu pattern tersebut.

Perkirakanlah dimana waktu pergantian pattern pada video Beatbox tersebut. Fokuslah dan dengarkanlah dari sebuah pattern tersebut.


tempo

4. Sesuaikan tempo

Kalau sobat sudah melalui tahapan mengambil dan mendengarkan sebuah pattern, maka tahapan selanjutnya adalah menyesuaikan tempo dengan sebuah pattern pada video Beatbox tersebut.

Hal yang pertama kali sobat lakukan adalah mendengarkan lalu memahami tempo dari pattern di sebuah video Beatbox tersebut.

Kalau sobat merasa kesulitan saat memahami tempo tersebut, maka ambilah sebuah pulpen atau benda mati yang lainya lalu ketukan ke meja atau dataran yang lainya, lalu sesuaikan dengan ketukan pada pattern di video Beatbox tersebut.

Baca Juga: Beatbox Tidak Boleh Putus Asa

5. Meniru

Kalau sobat mampu untuk meniru pattern tersebut, lakukanlah kalau sobat mau. Tetapi ada lebih baiknya untuk hanya meniru temponya saja. 

Kenapa harus meniru temponya saja? Hal ini bertujuan supaya sobat tidak terlihat full copy paste.

Lalu buatlah sebuah pattern yang sesuai dengan tempo di pattern pada video Beatbox tersebut. Setelah mendapatkan sebuah pattern pada video Beatbox tersebut, lalu sobat bisa melanjutkanya ke langkah selanjutnya.


pen and book
sumber: www.theguardian.com

6. Sediakan sebuah buku dan pulpen

Kenapa harus menyediakan sebuah buku dan pulpen? Karena terkadang kita akan kelupaan saat meniru sebuah pattern pada video Beatbox yang sobat dengarkan. 

Kalau sudah mendapatkan sebuah pattern dari video Beatbox tersebut, maka sobat harus menuliskanya ke dalam sebuah buku atau sebuah kertas.

Hal ini bertujuan supaya sobat tidak lupa dengan pattern yang sudah sobat buat. Karena kelemahan manusia adalah terkadang lupa.

Kalau perlu sediakan juga sebuah buku untuk mempelajari Beatbox.

7. Sempurnakanlah

Tahap selanjutnya yaitu dengan cara menyempurnakan pattern yang sudah ditulis dan dibuat oleh sobat.

Kalau sobat belum sempurna dan belum terbiasa dengan pattern yang sudah sobat buat tersebut, maka sobat perlu menyempurnakanya.

Kalau perlu menambahkan beberapa effect sound Beatbox ke dalam pattern yang sudah sobat buat tersebut. Tetapi selalu ingat dengan tempo pada pattern tersebut dan jangan sampai temponya tidak beraturan.

Untuk tahap menyempurnakan ini, sobat lakukan di luar waktu membuat pattern Beatbox. Sobat bisa melakukanya di kamar mandi atau di aktivitas yang sedang sobat kerjakan. Tetapi ingat juga harus di prioritaskan juga dengan keaadaan sobat pada saat itu.

Artikel terkait: Pattern Beatbox

Kesimpulan

Membuat pattern memamanglah sulit kalau kita malas dan tidak ingin bangkit.
Kalau sobat sedang merasa kesulitan saat membuat pattern maka hal yang pertama sobat lakukan adalah melakukan tahap demi tahap yang telah saya berikan di atas.

Jangan cuma dibaca tahapan diatas. Lakukan dan praktikanlah kalau sobat mau berhasil. “Just do it”

Dan ingat jangan pernah merasa cukup atau jago di dalam Beatbox carilah hal baru di dalam Beatbox.

Bagaimana? Apakah sobat merasa mudah saat membuat pattern Beatbox setelah mencoba tahapan di atas? Beri tanggapan sobat melalui kolom komentar.

Terimakasih sudah membaca keseluruhan artikel ini, dan jangan lupa share artikel ini. Supaya teman sobat yang lain bisa membaca artikel yang diberikan di blog ini.

Dan jangan lupa untuk isi email dan klik tombol subscribe di pojok kiri atas blog. Silahkan isi captcha pada RSS Feedbunner setelah sobat  meng-klik subscribe. Hal ini berguna untuk mengetahui postingan terbaru dari blog ini.

Kalau sobat ingin menyampaikan pesan silahkan bisa Kontak saya.

Rekomendasi Untuk Anda × +
Powered by Blogger.